Perdagangan Besar & Eceran
1
Rp124.725.000
Rp100.000
Rp100.000
Didirikan oleh 2 Es kepanjangan dari 2 Sejoli atau bisa juga Sepasang Suami Istri namun yang pasti 2 Es itu adalah Suwarto dan Septy dimana memulai bisnis gelato ini diawali ketika mereka tertarik akan produk gelato, hingga mereka mengikuti pelatihan bagaimana membuat gelato yang bercita rasa tinggi sampai ke negeri Singapura.
Sepulang dari Singapura mereka mendirikan Gelato House di tahun 2016, yang awalnya berbentuk bisnis rumahan hingga akhirnya memutuskan untuk mendirikan perusahaan.
Visi Gelato House
Pelopor Gelato Halal, Berkualitas, Menyehatkan, dan dapat melayani segala kebutuhan gelato dari hulu ke hilir di Indonesia.
Misi Gelato House
1. Menjadi Gelato Label Halal Tersertifikasi terbanyak di Indonesia.
2. Komitmen hanya menggunakan bahan baku berkualitas terbaik untuk proses produksi.
3. Menyediakan paket membuka bisnis gelato dari sentral kitchen, pengadaan mesin showcase, bahan baku, yang dapat di distribusikan diseluruh Indonesia.
Setelah menerapkan dan mengembangkan ilmu Gelato yang dimiliki ditambah dengan pengalaman lalu mereka memberanikan diri untuk mulai mengimport mesin-mesin produksi & bahan baku langsung dari negeri es krim Italy. Passion mereka terhadap gelato memberikan niat untuk memulai usaha gelato ini lebih professional dengan dengan mesin kualitas terbaik dan bahan baku terbaik yang halal, healthy, rendah lemak, rendah guIa dan tanpa pengawet.
Alhamdulillah sejak tahun 2016 produk mereka dapat diterima di hati pecinta gelato di jabodetabek dan bisnis mereka berkembang sangat cepat hanya dalam waktu 4 tahun hingga 2020 mereka memiliki :
A. Gelato Kitchen Centre
B. 7 outlet dan resto Gelato yang tersebar di Jabodetabek
C. Paket Gelato untuk Wedding dan Event
Selain itu karena kemampuan dan pengalaman mereka di bidang per-gelatoan, mereka juga dipercaya oleh rekan dan kolega partner gelato lainnya menjadi supplier sekaligus importir bahan baku keperluan gelato dan juga mesin-mesin produksi gelato.
Namun qodarullah gelombang pandemic cofid-19 melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia terkena imbasnya. Seperti dikatakan dalam preview bahwa dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya seperti China, Singapura dan Vietnam, menikmati es krim di rumah bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia. Akibatnya selama tahun 2020-2021 satu per satu hingga akhirnya 7 gerai atau outlet tutup dan pesanan paket gelato untuk wedding dan event pun terhenti.
Namun seperti ungkapan orang InsyaaAllah badai pasti berlalu, pada awal tahun 2021 Gelato House mulai bangkit dan menata kembali bisnisnya dan juga mempunyai konsep baru dalam design outletnya. Dimulai April 2021 dengan satu outlet hingga sampai saat ini telah mempunyai 2 cabang berupa konsep Café & Resto dan 1 outlet di salah satu mall di Jakarta di tambah 1 Super Kitchen Centre di daerah Ciracas Jakarta Timur.
PASAR ES KRIM DI INDONESIA
Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen Indonesia dalam hal belanja dan pilihan gaya hidup terhadap saluran distribusi atau belanja yang digunakan dan media yang dikonsumsi. Dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya seperti China, Singapura dan Vietnam, mengkonsumsi es krim di rumah bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia.
Namun, peningkatan konsumsi terlihat pada segmen es krim kemasan terutama melalui internet retailing. Jumlah total pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari 119 juta pada tahun 2020 menjadi 150 juta pada tahun yang berakhir pada tahun 2023, sehingga mendukung penjualan digital dalam jangka panjang. Di sisi lain, situasi lockdown nasional telah mengurangi kunjungan pelanggan ke convenience store offline dan jaringan hypermarket/supermarket sehingga menyebabkan penurunan penjualan (Ken Research, 2022)
Namun setelah pasca pandemic, pasar es krim Indonesia bernilai US$ 575,8 juta pada tahun 2021. Pasar ini diproyeksikan tumbuh pada CAGR lebih dari 6% selama periode tersebut. Pasar es krim Indonesia dipimpin oleh es krim impuls – kategori sajian tunggal baik dari segi nilai maupun volume. Namun, kategori es krim bawa pulang dan curah diperkirakan mencatat pertumbuhan nilai tercepat sementara, kategori es krim artisanal diperkirakan mencatat pertumbuhan volume tercepat selama 2021-2026 (Global Data,2022)
Kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang lebih senang mengkonsumsi es krim di luar rumah menggiatkan kembali bisnis outlet es krim pasca pandemic, dan terbayang potensi pasar es krim ini dimasa depan.
Namun sejalan dengan keadaan perekonomian yang semakin membaik, para pesaing bisnis gelato lain juga melakukan penetrasi bisnis yang sama. Bahkan beberapa langsung melakukan investasi dengan banyak gerai melalui sistem franchise.
Ini menjadi tantangan bagi Gelato House untuk berbenah diri mengembangkan diri dan strateginya agar tetap bertahan bahkan menjadi market leader.
Ditambah dengan pasar es krim (soft ice) yang juga semakin meningkatkan persaingan di pasar dengan harga dan kualitas. Bila sebelumnya Gelato masuk persaingan bisnis es krim dengan cita rasa yang lebih tinggi dan harga yang lebih baik dengan eskrim, maka saat ini pengusaha es krim membuat harga yang jauh lebih murah dengan cita rasa es krim yang lebih baik ditambah gerai dan outlet yang tersebar dan semakin dekat dengan masyarakat.
Oleh karenanya dalam menyikapi perubahan iklim bisnis gelato dan es krim, Gelato House harus melakukan perubahan dan penyesuaian bisnis, melakukan inovasi dan mempertajam strategi bisnis gelato kedepan yang bertujuan tidak hanya meningkatkan pasar gelato namun juga akan memasuki pasar es krim (soft ice).
RESTRUKTURISASI GELATO HOUSE
Untuk itu Gelato House akan melakukan restrukturisasi dengan 3 strategi utama yang akan dilakukan :
1. Membuat Unit Bisnis Franchise Gelato yaitu bertujuan untuk memantapkan posisi Gelato House dalam pasar gelato agar tidak tenggelam diantara gerai dan outlet baru pesaing gelato dan es krim.
2. Membuat Unit Bisnis Franchise Es Krim (Soft Ice) sebagai bentuk strategi penyesuaian perusahaan terhadap perubahan iklim permintaan pasar es krim dimana Gelato House dapat menggunakan kesempatan ini untuk melakukan diferensiasi produknya agar lebih banyak menawarkan produk untuk masuk ke pangsa pasar es krim.
3. Membuat Unit Bisnis Trading yaitu berfungsi untuk mencari dan membeli mesin-mesin es krim dan gelato import dan juga bahan bakues krim dan gelato import dimana nanti akan digunakan:
A. Kebutuhan Internal, yaitu men-supply Unit Bisnis Franchise Gelato dan Franchise Es Krim sehingga mempunyai biaya pokok produksi yang murah namun mempunyai kualitas yang baik sehingga mampu bersaing di pasar es krim dan gelato.
B. Kebutuhan Eksternal, berkaca kepada pengalaman sebelum pandemi hingga saat ini dimana banyak pesaing gelato dan es krim yang mencari dan membeli mesin dan bahan baku dari trader lokal. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Gelato House untuk mengembangkan Unit Bisnis Trading dengan cara membuat galeri mesin dan bahan baku es krim dan gelato lalu memasarkan langsung kepada trader lokal dan pemain atau pengusaha es krim dan gelato.
Oleh karenanya Gelato House membutuhkan tambahan modal kerja ataupun pembiayaan guna menjalankan strategi diatas, dan menawarkan investasi dengan 4 tahap, yaitu:
Tahap I : Pembiayaan modal kerja pengadaan mesin es krim dan gelato tahap pertama untuk dijual karena sudah ada pemesanan oleh pihak luar perusahaan.
Tahap II : Pembiayaan modal kerja untuk pengadaan mesin es krim dan gelato tahap kedua sebagai stok galeri yang siap untuk dijual serta pengadaan bahan baku es krim dan gelato untuk pemenuhan kebutuhan eksternal perusahaan.
Tahap III : Pembiayaan modal kerja untuk pembuatan percontohan galeri es krim serta biaya pemasaran yang dibutuhkan dalam rangka strategi penetrasi pasar es krim serta kebutuhan sistem franchise.
Tahap IV : Pembiayaan modal kerja guna mengembangkan Super Kitchen untuk mendukung strategi penetrasi pasar franchise gelato termasuk dengan biaya pemasarannya.
PENAWARAN INVESTASI SUKUK TAHAP PERTAMA
Alhamdulillah Unit Bisnis Trading menjadi kesempatan emas berkembang nya Gelato House. Sudah ada permintaan dari eksternal perusahaan untuk men-supply mesin dan salah satunya dari pemain premium es Krim di Indonesia.
Gelato House membutuhkan dana untuk melakukan pembelian atas beberapa permintaan mesin tersebut dan juga beberapa mesin untuk display galeri mesin es krim dan gelato yang akan dibangun.
Mekanisme yang ditawarkan adalah pembelian mesin dan bahan baku dengan cara musyarakah jual beli mesin ice cream, dengan skema:
1. Investor dan Gelato House bersama-sama menyetorkan modal dan diwakili oleh Gelato House melakukan pembelian atas mesin es krim dan gelato ke supplier di Singapura.
2. Melakukan mark up mesin tersebut yang diketahui dan disetujui oleh pihak pembeli mesin dan pembeli juga melakukan janji pembelian mesin es krim tersebut.
3. Setelah mesin sampai di gudang Gelato House, Syirkah diwakili oleh Gelato House melakukan penjualan dengan pembeli dan serah terima mesin dengan pihak pembeli saat dikirim ke Gudang Pembeli.
Mesin yang disebutkan diatas akan dijual ke pemain es krim premium tersebut yang memerlukan banyak mesin Taylor Tipe C-713 untuk setiap gerai dan outletnya. karena untuk barang baru harganya mencapai Rp. 420 juta dan di Indonesia tidak ada stok mesin ini baik baru ataupun purna pakai sehingga pembeli harus indent selama 172 Minggu, kurang lebih 1,6 tahun.
INVESTASI :
Nilai modal kerja yang dibutuhkan dalam pembelian 1 unit mesin adalah sebesar Rp 124.750.000,-
Dengan margin mark up dari Investor kepada Gelato House sebesar 11.275.000,-
Dengan tenor selama 5 bulan saja dengan tingkat ROI 9,04% selama 5 bulan atau 21,70% per tahun
Gelato House mempunyai mesin-mesin produksi di Kitchen Centre mereka dan peralatan showcase dan lain-lain di setiap gerai atau outletnya, dimana itu semua akan di bundling dengan asset berupa sebidang tanah bangunan seluas 532 m2 di Jalan Irlan No.19 RT09 RW.03 Kampung Rambutan Ciracas Jakarta Timur dimana di dalam tagihan PBB tahun 2020 NJOP sudah lebih dari Rp 2 Miliar dan harga pasar minimal adalah 2 kali lipat yaitu mencapai Rp 4,5 Miliar.
Selain itu Gelato House juga masih mempunyai 2 asset berupa sebuah apartemen dan sebidang tanah plus rumah di daerah Bogor Jawa Barat.
Asset-asset disebutkan diatas akan dijadikan jaminan oleh Gelato House pada pendanaan sukuk yang nilainya besar.
Untuk investasi sukuk kali ini Gelato House menjaminkan asset produksinya. Adapun nilai assets Gelato House yang dijaminkan dilakukan penyesuaian sebesar 50% dari harga perolehan Total Harga Seken 693.000.000,- dengan perincian sebagai berikut:
Dalam mencatat Laporan keuangan belum ada akuntan yang melakukan pencatatan atas transaksi keuangan namun Gelato House telah melakukan organisasi pencatatan yang cukup baik, dimana pengorganisasian tersebut membuat mudah dalam melakukan analisa terhadap kinerja keuangan Gelato House.
Adapun pencatatan tersebut meliputi :
1. Pencatatan pendapatan harian
2. Pencatatan pengeluaran rutin dan tidak rutin
3. Pembelian asset
4. Pencatatan pembelian dan pemakaian bahan baku
5. Pencatatan finished good
Laporan Neraca sampai saat ini masih dalam progress yang insyaaAllah pada penawaran investasi Tahap II sudah dapat disampaikan dan Analisa Rasio Keuangan secara komprehensif dapat dilakukan.
ALASAN UNTUK INVESTASI
1. Manajemen dan Tim yang berilmu dan berpengalaman
Pengetahuan yang didapat langsung dari ahli Gelato asal Italy hasil dari mencari ilmu di negeri Singapura tahun 2016.
Pada tahun 2018 menjadi Juara 1 pada Gelato World Tour Championship di Denpasar, Bali.
2. Sudah dikenal luas dan terpercaya
3. Mempunyai 3 outlet di Jabodetabek dan 2 booth di Mall.
Gelato House Café Bogor:
jl. Durian Raya Perumnas No.6, RT.07/RW.05,
Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.
Gelato House Café & Resto, Ceger :
jl. Raya Ceger No.06, RT.5/RW.1
Ceger, Kec. Cipayung, Jaktim, DKI Jakarta
Gelato House Outlet Depok :
jl. Raya Parung - Ciputat No.1, RW.004,
Serua, Kec. Bojongsari, Depok, Jawa Barat
Booth Ice Cream World Di Mall Cibubur Junction
Booth Ice Cream World di Trans Studio Mart Mall
4. ROI 9,04% per 5 bulan atau 21,70% per tahun.
4 Langkah Mudah Berinvestasi
Nggak perlu ribet untuk berinvestasi. Yuk ikuti langkah dibawah ini!
01
Kamu cukup daftar menjadi pengguna dengan menggunakan email dan nomor handphone aktif loh!
02
Setelah terdaftar menjadi pengguna kamu tinggal klik DAFTAR ANGGOTA dan langsung TOP UP tabungan sebesar Rp160.000 yang rinciannya dapat kamu lihat ya!
03
Untuk berinvestasi kamu wajib mengisi data KYC(Know Your Customer) agar kami lebih mengenalmu dan profil investasimu
04
Masuk ke halaman “Pendanaan Terbaru” dan pilih proyek yang kamu ingin berinvestasi. Jangan lupa untuk membaca prospectus lengkapnya dan berinvestasilah dengan penuh kesadaran dan rasional, jangan ikut-ikutan temanmu! Karena investasi yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuanmu dan strategi finansialmu!
Dipercaya oleh ribuan pengguna yang telah meraih tujuan finansial mereka bersama kami
" Alhamdulillah, solusi pendanaan bagi umat "
" Dengan bertambahnya lembaga keuangan konven...
" Semoga Allah Subhanahuwata'ala berkahi...