Perdagangan Besar & Eceran
40
Rp520.000.000
Rp50.000
Rp520.000.000
PASAR KARPET DI INDONESIA
Pasar karpet global melakukan pertumbuhan substansial selama beberapa tahun terakhir, dan pertumbuhan pasar dikarenakan beberapa faktor, diantaranya meningkatnya kecenderungan konsumen terhadap dekorasi interior ditambah dengan meningkatnya pendapatan per kapita konsumen diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar karpet global selama periode perkiraan.
Pasar karpet global diperkirakan akan dipengaruhi oleh tren pasar yang sedang berkembang. Meningkatnya permintaan akan karpet ramah lingkungan, meningkatnya permintaan akan karpet area kontemporer, dan peningkatan adopsi ubin karpet kemungkinan akan meningkatkan pasar karpet dan karpet global di tahun-tahun mendatang. Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan berfokus pada pembuatan produk yang lebih ramah lingkungan, serbaguna, dan tahan lama, serta lebih mudah dipasang dan dirawat.
Pangsa pasar karpet di Indonesia cukup luas karena karpet biasanya satu paket dengan properti misalnya bandar udara, hotel, restoran, kantor-kantor, bahkan masjid dan berbagai gedung yang umumnya sudah memasang karpet pada lantai. Di Indonesia saat ini, pangsa pasar karpet tersebut dikuasai buatan China sedikitnya 60 persen sisanya diisi buatan Turki dan Indonesia. Murahnya harga jual karpet buatan China disebabkan berbagai hal yakni bea masuk karpet jadi dari China tidak dipungut alias dibebaskan atau nol persen, tapi bahan baku industri karpet berupa chips dikenakan bea masuk 10 persen dan benang 5 persen membuat karpet buatan dalam negeri kalah bersaing. Untuk itu pemerintah perlu meninjau kembali tata niaga karpet agar tidak mengalahkan sepihak tapi dicari jalan keluar yang baik sehingga menimbukan dampak win-win solution.
Tidak ada penelitian langsung mengenai pangsa pasar karpet yang diserap oleh masjid-masjid di Indonesia namun data dari PIC SIMAS (Sistem Informasi Masjid) Kemenag RI, bahwa jumlah masjid dan mushala di Indonesia seluruhnya ada sebanyak 741.991. Data ini merupakan data yang tercatat manual yang diperoleh secara berjenjang mulai dari Kantor Urusan Agama di tiap daerah. Sementara, Sistem Informasi Masjid (SIMAS) per April 2022 baru mencatat sekira 598.291 masjid dan mushala yang ada di Indonesia. Data jumlah masjid dan mushala tersebut secara daring di SIMAS terus berkembang seiring dengan verifikasi dan validasi data yang terus dilakukan. Kemenag pun menargetkan dalam dua tahun ke depan data jumlah masjid secara online di SISMAS sudah sesuai dengan data manual.
TENTANG HIJRAH KARPET
Adalah Salman Al Farisi pendiri dan penggagas Hijrah Karpet Group. Alhamdulillah atas izin Allah azza wajalla berawal dari menemani seorang sahabat belanja sajadah masjid di salah satu toko karpet di Jakarta Pusat. Ini pertama kali semasa hidupnya langsung bertemu dengan toko-toko sajadah/karpet masjid. Kenyataan lapangan yang dilihat membuatnya terheran-heran, dan atas ini pulalah maka akhirnya menjadi sebuah inspirasi baginya untuk tertarik memulai usaha dibidang KARPET MASJID.
Berikut 4 dasar inspirasinya :
1. Pemilik toko-toko sajadah/karpet yang ada di lokasi tersebut rata-rata bukan muslim. Mulailah di benaknya berkata bukankah sebaiknya seorang muslim yang mensupply kebutuhan sajadah atau karpet untuk rumah Allah azza wajalla dan rumah2 kaum muslimin.
2. Sajadah dan karpet penuh dengan gambar atau motif. Kondisi ini sering dlihat dengan realita pada umumnya dimana sajadah dan karpet sholat di musholla dan masjid di Indonesia terdapat gambar atau motif pada area tempat sujud. Padahal kita sama-sama mengetahui bahwa termasuk salah cara agar sholat bisa khusyu’ adalah memilih tempat sujud yang tidak terdapat gambar atau motif.
3. Banyak masjid yang sampai hari ini kita saksikan bahwa kondisi karpet nya tidak rapi, tidak enak dilihat bahkan dengan bau yang tidak sedap. Seolah-olah menggambarkan RUMAH ALLAH sepertinya tidak diberlakukan dengan istimewa. Terkadang terlintas olehnya, bagaimana pertanggung jawaban PENGURUS DKM di akhirat nanti, ketika banyak manusia yang sholat tersebut merasa terganggu dengan kondisi sajadah/karpet yang tidak layak pakai dan bergambar.
4. Dalam bisnis karpet ini dirinya berharap pahala yang terus mengalir dari setiap hamba Allah yang membeli sajadah / karpet sholat yang kami produksi dan akhirnya digunakan oleh kaum muslimin.
Sejak memulai usaha di tahun 2014 hingga saat ini sudah berdiri beberapa cabang dan satu pabrik produksi karpet, berikut adalah datanya:
Salah satu strategi usaha Hijrah Karpet Group memakmurkan rumah-rumah Allah azza wajalla di seluruh wilayah Indonesia dan menjadikan lebih bersih, rapi, istimewa serta terjaga kesuciannya, sehingga memberi rasa nyaman dan membantu kekhusukan ketika sholat, maka kami memberikan fasilitas pengadaan karpet, vacuum dan accessories ruang wudhu dan servis layanan sebagai berikut:
1. Produk karpet custom [menyesuaikan design masjid atau musholla].
2. Gratis ongkos kirim kecuali Indonesia wilayah Timur.
3. Gratis ongkos obras dan sambung.
4. Gratis ongkos pasang.
Proses pembuatan dan pemasangan karpet:
Sudah banyak masjid-masjid besar yang menjadi pelanggannya termasuk juga masjid dan musholla di perkantoran dan mall-mall ternama di Indonesia. Berikut adalah Sebagian dari portfolionya :
Musholla Pacific Place Jakarta
Salah satu usaha strategi Hijrah Karpet memakmurkan rumah-rumah Allah azza wajalla di seluruh wilayah Indonesia dan menjadikan lebih bersih, rapi, istimewa serta terjaga kesuciannya, sehingga memberi rasa nyaman dan membantu kekhusukan ketika sholat, maka kami memberikan fasilitas pengadaan karpet, vacuum, accessories ruang wudhu dengan solusi pembayaran Cash On Delevery [COD].
Namun seiring perkembangan teknologi dengan adanya market place, banyak agen-agen pabrikan langsung melakukan strategi pemasaran kepada market place tersebut dan akibatnya terjadi perang harga dan diskon. Banyak agen-agen yang melakukan penjualan hanya menerima sedikit komisi dari pabrik karena hanya mengandalkan penjualan via online tersebut.
Untuk mengatasi keadaan diatas, Hijrah Karpet ber-inisiatif untuk melakukan penjualan dengan cara pembayaran tempo atau kredit. Penjualan karpet ke masji dan mushola dengan cara pembayaran tempo ini tidak dapat dilakukan oleh agen-agen market place diatas sehingga menjadi peluang bagi Hijrah Karpet untuk meluaskan pangsa pasarnya. Namun memang kendalanya adalah perputaran modal kerja akan terkena impact nya dimana modal kerja yang biasanya kembali ditambah margin keuntungan saat pemasangan karpet selesai berubah menjadi lebih lama di terima oleh Hijrah Karpet.
Dengan strategi diatas Hijrah Karpet membutuhkan tambahan modal kerja baru untuk memulai strategi tersebut dimana tidak mengganggu moal kerja yang sudah ada dimana memang diputar untuk penjualan Cash On Delivery.
Dengan tambahan modal kerja baru penjualan dengan pembayaran tempo, Hijrah Karpet dapat melaksanakan dua jenis penjualan langsung yaitu Penjualan dengan COD dan Penjualan dengan Pembayaran Tempo.
Untuk menjaga resiko ketidak tertagihan karpet masjid, Hijra Karpet menetapkan Service Level Agreement yang ketat untuk menjaga resiko tersebut, diantara SLA tersebut adalah :
1. Penanggung Jawab pembayaran terdiri dari satu orang atau lebih [MAX 20 orang] berasal dari para donatur [muhsinin] yang disertakan dengan photocopy KTP.
2. Maksimal jangka waktu angsuran 6 bulan dengan membayar DP pertama setelah AQAD Jual Beli disetujui.
3. Fokus utama karpet yang dikreditkan adalah merk : [KHUSYU'], [RAUDHAH], [BUYA], [MUHSININ], [ABUYA TURKEY] dan [CUSTOM DESIGN]. Diluar merk tersebut tidak disarankan kecuali kondisi DARURAT. Semisal karena mengikuti karpet yang sudah ada.
4. Jadwal pengiriman dan pemasangan maksimal 40 hari dari pengajuan KREDIT disetujui.
5. Harga kredit sama dengan harga list konsumen.
6. Gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah INDONESIA dan gratis ongkos pasang khusus wilayah JABODETABEK & SUMBAR
Hijra Karpet juga selalu melakukan pengkinian dan inovasi terhadap proses dan produk karpet agar masjid-masjid di Indonesia mendapat karpet yang baik, bersih dan nyaman bagi para jamaahnya.
PENAWARAN INVESTASI
Hijrah Karpet membutuhkan dana untuk memulai penjualan dengan pembayaran tempo dengan masa investasi minimal selama 6 bulan.
Mekanisme investasi dengan cara:
Murabahah
DanaHub sebagai wakil atau wali amanah dari investor akan melakukan pembelian karpet sesuai permintaan janji beli klien ke pabrikan karpet dan serah terima lalu melakukan jual beli murabahah termasuk serah terima dengan Hijrah Karpet dengan pembayaran tempo 6 bulan. Nilai murabahah Rp 500 juta akan dilakukan dalam beberapa kali jual beli murabahah dikarenakan permintaan dari beberapa masjid.
Untuk investasi batch 3 ini Hijrah Karpet Group menjaminkan sebidang tanah seluas 13.239 m2 dengan alamat di Desa Nagari Tandikat Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman Sumatra Barat di kuatkan dengan Sertifikat Hak Milik No.1102 – 0.13.08.02.1.01102 atas nama owner yaitu Salman Al Farisi.
Lokasi tanah tersebut masuk dalam wilayah pengembangan dan percontohan pusat Pendidikan di Sumatara Barat. Harga per meter diperkirakan Rp 70.000,- sampai dengan Rp 100.000,- perm2, sehingga harga pasar berkisar Rp 910 juta - 1,3M.
Untuk Investasi kali ini Hijrah Karpet juga tetap menjaminkan 1 Unit Mobil Daihatsu Grand Max dengan No. Polisi B 1216 TKR Tahun 2010 seharga sekitar Rp 70 juta - Rp 80 juta. Sertifikat BPKB akan di pegang oleh DanaHub sebagai Wali Amanah dari Investor.
ANALISA FINANSIAL
Hijrah Karpet Group memang belum mempunyai badan hukum, selama ini Salman Al Farisi dan timnya tidak ada kendala masalah badan hukum apabila melakukan penetrasi pasar ke masjid dan mushola. Bisnis pengadaan karpet masjid dan mushola memang selama ini tidak mempermasalahkan masalah badan hukum ditambah pembayaran oleh masjid dan mushola dilakukan setelah karpet terpasang.
Sejalan dengan hal tersebut laporan keuangan pun tidak terlalu terpikirkan oleh Salman Al Farisi dan selama ini perhitungan laba rugi sepanjang proyek berjalan saja dan tidak ada pencatatan detail layaknya laporan keuangan perusahaan. Begitu juga dengan rekening perusahaan, selama ini masih memakai rekening pribadi masing-masing pimpinan cabang atau outlet dimana perhitungan laba rugi didiskusikan diantara internal Hijrah Karpet.
Untuk itu ikhtiar DanaHub dalam menganalisa finansial Hijrah Karpet meminta rekening koran dari rekening aktif yang dipakai dalam transaksi selama satu tahun terakhir dan berikut adalah summary nya:
Asumsi pendapatan Hijrah Karpet selama pra pandemi kurang lebih Rp 2,6 Milyar sampai dengan 3,1 Milyar setahun sedangkan pendapatan setelah pandemic berangsur-angsur mengalami peningkatan setiap bulannya mulai Rp 37 Juta terendah an 355 Juta tertinggi.
(Subject to satu rekening di BNI belum di input karena menunggu dari pusat)
ALASAN UNTUK INVESTASI
1. Hijrah Karpet Group sudah berdiri sejak tahun 2014 dan sampai sekarang masih eksis di pasar pengadaan karpet masjid dan musholla.
2. Mempunyai line penjualan yang cukup luas serta rekanan pabrikan yang dapat diandalkan.
3. Mempunyai reputasi yang baik dan telah dipercaya oleh banyak masjid besar dan Gedung perkantoran serta mall besar.
4. Kemungkinan gagal bayar kecil karena reputasi DKM masjid serta obligasi moral terhadap masjid dan jamaah.
5. Pendanaan yang ketiga, dimana Hijra Karpet sudah menemukan bentuk dalam melakukan inovasi penjualan karpet masjid dengan cara pembayaran tempo.
6. ROI besar 22% p.a
IKHTISAR INVESTASI
4 Langkah Mudah Berinvestasi
Nggak perlu ribet untuk berinvestasi. Yuk ikuti langkah dibawah ini!
01
Kamu cukup daftar menjadi pengguna dengan menggunakan email dan nomor handphone aktif loh!
02
Setelah terdaftar menjadi pengguna kamu tinggal klik DAFTAR ANGGOTA dan langsung TOP UP tabungan sebesar Rp160.000 yang rinciannya dapat kamu lihat ya!
03
Untuk berinvestasi kamu wajib mengisi data KYC(Know Your Customer) agar kami lebih mengenalmu dan profil investasimu
04
Masuk ke halaman “Pendanaan Terbaru” dan pilih proyek yang kamu ingin berinvestasi. Jangan lupa untuk membaca prospectus lengkapnya dan berinvestasilah dengan penuh kesadaran dan rasional, jangan ikut-ikutan temanmu! Karena investasi yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuanmu dan strategi finansialmu!
Dipercaya oleh ribuan pengguna yang telah meraih tujuan finansial mereka bersama kami
" Alhamdulillah, solusi pendanaan bagi umat "
" Dengan bertambahnya lembaga keuangan konven...
" Semoga Allah Subhanahuwata'ala berkahi...