PENDANAAN KINIKAWA COFFEE BAG.1
sukuk

Perdagangan Besar & Eceran

PENDANAAN KINIKAWA COFFEE BAG.1

Investor

36

Target Pendanaan

Rp724.500.000

Minimum Pembelian

Rp50.000

Tercapai

Rp128.850.000

Overview

PENAWARAN I : 01 - 30 SEPTEMBER 2023   INVESTASI I MULAI 01 OKTOBER 2023

PENAWARAN II : 01 - 31 OKTOBER 2023   INVESTASI II MULAI 01 NOVEMBER 2023

PENAWARAN III : 01 NOVEMBER 2023 SD 31 DESEMBER 2023  INVESTASI II MULAI 01 JANUARI 2024

PENAWARAN IV : 01 JANUARI 2024 SD 28 FEBRUARI 2024  INVESTASI II MULAI 01 MARET 2024

PASAR KEDAI KOPI DI INDONESIA

Beberapa tahun belakangan ini, bisa dibilang kopi menjadi salah satu komoditas yang paling sering dibicarakan. Gairah industri kopi begitu terasa dari sisi hulu hingga hilir. Hal ini tak lain karena pertumbuhan gerai-gerai kopi yang meningkat pesat di seantero negeri ini dan menjadi emerging business.

 

 

Menurut riset oleh TOFFIN, bisnis kedai kopi di Indonesia terus tumbuh dalam tiga tahun terakhir. Jumlahnya meningkat hampir tiga kali lipat di tahun ini dibanding tahun 2016. Tiga tahun lalu, jumlah kedai kopi baru berkisar di angka 1.000 lebih, sedangkan saat ini telah mencapai 2.950 gerai.

Sebagai catatan, dalam riset yang dilakukan TOFFIN dengan menggandeng Majalah MIX MarComm SWA Media Group ini, gerai yang hitung hanyalah gerai modern yang berjejaring. Artinya tidak menghitung kedai-kedai tunggal atau kedai independent. Bila kedai tunggal ini diikutkan, maka jumlah kedai kopi secara keseluruhan di Indonesia bisa mencapai tiga kali lipat dari temuan survei ini.

Dengan jumlah gerai yang terdata saat ini, TOFFIN menilai pasar kedai kopi di Indonesia mencapai Rp 4,8 triliun per tahun. Dengan asumsi penjualan rata-rata per outlet 200 cup per hari, serta harga kopi per cup Rp 22.500. TOFFIN memilah kedai kopi dalam enam kategori, yakni American coffee chain, Italian coffee chain, local coffee chain, coffee to go, speciality coffee, independent coffee shop, dan bakery & pastry.

 

Dilansir dari Statistika 2023.

 

Hampir bisa dipastikan generasi Y dan Z adalah pendorong dari pertumbuhan industri kopi di Indonesia. Apalagi, ada ekosistem teknologi yang mendukung dua generasi ini dalam memanjakan diri menikmati kopi. Di antaranya, adanya ride hailing yang memudahkan dalam membeli dan e-money yang memudahkan dalam pembayaran.

Dalam hal cita rasa, dua generasi ini lebih memilih coffee-milk blend  atau yang sekarang dikenal dengan kopi kekinian. Sekitar 6 dari 10 generasi Y dan Z suka kopi susu, Alasannya mereka bisa mencoba rasa baru dan ada promosi terutama dari kedai-kedai jenis coffe to go.

Hal tersebut ditegaskan dalam temuan riset ini yang menyebutkan bahwa hampir 39,03% peminum kopi pernah membeli kopi di gerai coffe to go dalam setahun terakhir. Sekitar 30,32% pernah membeli di kedai kopi berjejaring international, 17,10% beli di jaringan kedai kopi lokal, dan 8,39% pernah beli di bakery & pastry.  Sedangkan yang dalam setahun terakhir beli di independent coffee shop hanya 2,90% dan 2,26% di speciality coffee shop.

Bagaimana dengan rasa? Kopi susu gula aren masih menjadi varian favorit generasi Y dan Z. Kemudian, ada rasa cookies,cream, alpukat, matcha, dan yogurt.  Tahun-tahun ke depan, sepertinya rasa cookies cream  akan menjadi favorit, menggeser gula aren.

 

 

Riset tentang perkembangan bisnis kedai kopi di Indonesia yang dilakukan oleh TOFFIN melalui indepth interview dengan para pemangku kepentingan di industri kedai kopi Indonesia menunjukkan, ada tujuh faktor yang mendorong pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia, yaitu:

1. Kebiasaan (budaya) nongkrong sambil ngopi.

2. Meningkatnya daya beli konsumen, tumbuhnya kelas menengah, dan harga RTD Coffee di kedai modern yang lebih terjangkau.

3. Dominasi populasi anak muda Indonesia (Generasi Y dan Z) yang menciptakan gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi.

4. Kehadiran media sosial yang memudahkan pebisnis kedai kopi melakukan aktivitas marketing dan promosi.

5. Kehadiran platform ride hailing (Grabfood dan Gofood) yang memudahkan proses penjualan.

6. Rendahnya entries barriers dalam bisnis kopi yang ditunjang dengan ketersediaan pasokan bahan baku, peralatan (mesin kopi), dan sumber daya untuk membangun bisnis kedai kopi.

7. Margin bisnis kedai kopi yang relatif cukup tinggi.

Melihat perkembangan faktor-faktor pendorong tersebut, bisnis kedai kopi di Indonesia pada tahun depan diperkirakan masih akan positif. Bahkan sebagian pemerhati dan pebisnis kopi meyakini market kedai kopi masih kuat karena studinya selama lima tahun menunjukkan bahwa konsumsi RTD Coffee meningkat tiga kali lipat.

Menurut Mordor Intelligence, pasar kopi di Indonesia diproyeksikan mencapai USD$ 2,32 miliar pada tahun 2025, tumbuh dengan CAGR sebesar 8,2% selama periode perkiraan. Pertumbuhan permintaan tersebut dapat disebabkan oleh meningkatnya kesadaran konsumen dan daya beli untuk membeli kopi spesial (dengan harga lebih dari US$3 per cangkir), meningkatnya permintaan terhadap kopi siap minum dan menjamurnya kedai kopi dan kafe. di seluruh negeri dibuka terutama oleh mereka yang pulang dari luar negeri.

 

Tentang

KINIKAWA COFFEE DARI BAROKAH GROUP

 

 

Barokah Group berdiri sejak tahun 2016 yang bergerak dari seorang Oscar Andreas yang memiliki kecintaan terhadap dunia kuliner. Mencoba membuka kuliner segmen sarapan “Bubur Ayam Barokah” dan berkembang sehingga menghasilkan unit lain seperti “ Aseku kopi, Kolabore dan Kinikawa” serta “Barokah Ilmu” yaitu Yayasan yang bergerak dalam bidang Pendidikan.

 

CV. Oscarindo Barokah Bersama dibangun untuk mencukupi kebutuhan pelayanan dan penyediaan yang di khususkan dalam dunia kuliner yang berkualitas dan tentunya memiliki mutu cita rasa yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan. Perusahaan juga selalu menjaga kebersihan untuk produk yang di tawarkan.

 

Berkembangnya perusahaan ini tentu di dukung dengan kualitas produk yang baik dengan pemilihan bahan yang baik. Memiliki system pengawasan yang baik dalam memilih bahan baku sehingga tidak perlu khawatir terhadap kualitas produk dan keamanan bahan makanan dan minuman yang kami sajikan yang tidak lepas dari peranan pengelola atau tim yang terus belajar memperbaiki kualitas diri.

 

Dengan pengalaman selama 7 tahun dibidang kuliner ini, perusahaan yakin mampu untuk memberikan yang terbaik, management yang baik tepat dan menyeluruh. Hal ini juga didukung oleh beberapa tenaga professional yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya.

 

 

Legalitas

 

Pada tahun 2019, Oscar andreas-Owner sekaligus Founder Barokah Group mendirikan sebuah CV dihadapan Notaris dengan Akta Pendirian Perseoragan Komanditer Bernama “CV. Oscarindo Barokah Bersama” tertanggal 25 Maret 2019.

 

 

Visi

 

Menciptakan perusahaan bisnis kuliner yang akan selalu berkembang dan nasional dengan jaringan yang kuat. Dapat menyediakan lapangan pekerjaan  serta keberkahan

 

Misi

 

1. Menerapkan prinsip tata Kelola perusahaan yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

2. Meningkatkan produktivitas, efisiensi operasional  dan pengembangan kinerja, pengalaman dan keahlian karyawan

3. Peningkatan standar kualitas produk dan mengurangi biaya produksi

 

 

 

 

Unit-unit yang di hasilkan

 

1. Bubur Ayam Barokah

 

Salah satu produk makanan yang dimiliki dengan ciri memiliki kuah kaldu kuning dan sudah menjadi salah satu pilihan customer untuk sarapan ditempat kami, selain itu juga menyediakan kopi dengan konsep kopi tradisional sebagai pelengkap sarapan.

Unit usaha ini sendiri telah berjalan sejak awal buka tertanggal 23 juli 2016 dan sekarang sudah memiliki satu cabang unit usaha.

 

 

2. Aseku Kopi

 

Brand dengan produk kopi kekinian dengan konsep kopi cepat saji perpaduan antara susu dan kopi espresso. Kopi susu ini juga di sajikan dengan varian rasa dan toping dijual dengan harga yang terjangkau. Unit usaha ini sendiri telah berjalan sejak 21 mei 2021.

 

 

3. Kolabore

 

Kedai kopi yang bermain di specialty coffee menyajikan kopi dengan kualitas baik dari segi rasa dan aroma. diolah dengan baik untuk mendapatkan rasa kopi terbaik. Selain itu menyediakan juga beberapa makanan pelengkap (western food) unit usaha ini sudah berjalan sejak 22 september 2022.

 

 

4. Kinikawa Coffee

Brand yang berbeda dengan aseku kopi namu dengan konsep dan segmen yang sama tetapi memiliki varian menu yang sedikit berbeda. Unit ini telah berjalan sejak awla tertanggal 28 oktober 2022

 

 

 

Masalah

 

Bisnis kedai kopi di Indonesia pada tahun-tahun ke depan diperkirakan masih akan positif. Bahkan sebagian pemerhati dan pebisnis kopi meyakini market kedai kopi masih kuat karena studinya selama lima tahun menunjukkan bahwa konsumsi RTD Coffee meningkat tiga kali lipat.

Menurut Mordor Intelligence, pasar kopi di Indonesia diproyeksikan mencapai USD$ 2,32 miliar pada tahun 2025, tumbuh dengan CAGR sebesar 8,2% selama periode perkiraan. Pertumbuhan permintaan tersebut dapat disebabkan oleh meningkatnya kesadaran konsumen dan daya beli untuk membeli kopi spesial, meningkatnya permintaan terhadap kopi siap minum dan menjamurnya kedai kopi dan kafe di seluruh negeri dibuka.

 

 

Kesempatan ini juga yang akan dimanfaatkan oleh Barokah Group untuk menambah gerai kopinya walaupun memang persaingan dalam bisnis ini cukup ketat terutama di kota-kota besar seperti ibukota Jakarta dan ibukota propinsi seperti Bandung, Surabaya, Medan dan lainnya.

Untuk menyiasati dan setelah melakukan penelitian setahun lebih Barokah Group yakin untuk membuka tambahan 2 buah gerainya. Untuk itu Barokah Group membutuhkan dana sekitar Rp 700 juta untuk membuka 2 gerai tersebut.

 

 

Solusi

 

Strategi untuk membuka gerai baru setelah melakukan riset selama lebih dari setahun adalah sebagai berikut:

 

1. Gerai atau outlet kopi baru tidak akan di buka pada kota-kota besar seperti ibukota propinsi karena paar dan persaingan sangat ketat.

2. Gerai atau outlet kopi baru dibuka di sekitar Pulau Bangka dimana gerai pertama dari Kinikawa Coffee sudah cukup mapan dan mempunyai loyal pelanggan dan beberapa kota yang dipilih diantara nya didaerah Tamansari dan Girimaya.

 

 

3. Masyarakat Pulau Bangka yang masih loyal kepada produk atau pengusaha lokal juga salah satu alasan untuk membuka cabang di Pulau Bangka.

4. Dekat dengan pusat dan juga mudah dalam melakukan distribusi dan pengawasan juga menjadi pertimbangan dipilhnya kota di sekitar Pulau Bangka.

5. Memaksimalkan potensi pasar lokal menjdi tantangan tersendiri dan akan menjadi modal pengalaman untuk membuka di kota-kota yang lebih besar dan jauh.

 

Untuk itu Barokah Group akan mengeluarkan sukuk sebesar Rp 700 juta dengan jangka waktu pengembalian satu tahun.

 

 

Investasi

 

Kebutuhan yang akan ditawarkan kepada investor adalah bertahap, untuk yang pertama dimulai dengan resiko yang paling kecil yaitu pengadaan 2 gerai atau outlet Kinikawa Coffee di Taman Sari dan Girimaya.

 

Investasi awal ini akan menjadi percontohan dan saat berhasil dan tidak menutup kemungkinan untuk permodalan kepemilikan pada cabang-cabang lain di seputar Pulau Bangka ataupun luar Pulau Bangka.

 

Modal awal yang ditawarkan adalah sebesar Rp 724.500.000,-

Dengan proyeksi tingkat margin keuntungan sebagai berikut :

 

 

 

 

Jaminan

 

Untuk Investasi perdana ini Barokah Group menjaminkan sebidang tanah dan bangunan ruko 3 lantai ditengah kota dekat pasar di Jalan Ahmad Yani Dalam Batin Tikal Pangkalpinang,  Kabupaten Bangka, kepulauan Bangka Belitung dengan luas tanah 87 m2 dan bangunan 200 m2 dengan harga pasar sekitar diatas Rp 2 Milyar.

Sudah memiliki Sertifikat Hak Milik No. BE 229341 No.29.01.01.03.01.00111

Sertifikat akan di pegang oleh DanaHub sebagai Wali Amanah dari Investor.

 

 

 

Ikhtisar

IKHTISAR INVESTASI


Analisa Finansial

 

Dalam mencatat Laporan keuangan sudah ada junior akuntan yang melakukan pencatatan atas transaksi keuangan dan Kinikawa Coffee serta Barokah Group telah melakukan organisasi pencatatan yang cukup baik, dimana pengorganisasian tersebut membuat mudah dalam melakukan analisa terhadap kinerja keuangan.

 

Adapun pencatatan tersebut meliputi :

1. Pencatatan pendapatan

2. Pencatatan pengeluaran rutin dan tidak rutin

3. Pembelian asset

4. Pencatatan arus kas

5. Pencatatan laba rugi

 

 

 

 

Alasan

 

ALASAN INVESTASI

 

 

1. Pelaku usaha yaitu Oscar Andreas sudah malang melintang di dunia restoran dan kuliner sejak tahun 2016.

 

2. Sudah ada 4 unit usaha dimana bahkan berpotensi untuk penetrasi pasar dengan Franchise atau Mitra Usaha.

 

3. Produk yang dijual adalah kebutuhan pokok primer yaitu makanan dan minuman dengan harga murah dan terjangkau bagi kalangan bawah dan menengah.

 

4. Jenis akad pada sukuk ini adalah Murabahah, dimana akad ini terbilang paling aman dibanding akad-akad linvestasi ainnya. 

 

5. ROI sebesar 20% per tahun.

 

 

 

4 Langkah Mudah Berinvestasi

Nggak perlu ribet untuk berinvestasi. Yuk ikuti langkah dibawah ini!

01

Daftar Menjadi Pengguna

Kamu cukup daftar menjadi pengguna dengan menggunakan email dan nomor handphone aktif loh!

02

Daftar Menjadi Anggota

Setelah terdaftar menjadi pengguna kamu tinggal klik DAFTAR ANGGOTA dan langsung TOP UP tabungan sebesar Rp160.000 yang rinciannya dapat kamu lihat ya!

03

Lengkapi Data KYC Agar Investasimu Aman

Untuk berinvestasi kamu wajib mengisi data KYC(Know Your Customer) agar kami lebih mengenalmu dan profil investasimu

04

Pilih Bisnis Yang Kamu Suka Dan Selamat Berinvestasi!

Masuk ke halaman “Pendanaan Terbaru” dan pilih proyek yang kamu ingin berinvestasi. Jangan lupa untuk membaca prospectus lengkapnya dan berinvestasilah dengan penuh kesadaran dan rasional, jangan ikut-ikutan temanmu! Karena investasi yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuanmu dan strategi finansialmu!

Product screenshot

Trusted by the world’s most innovative teams

Kemenkopukm Kominfo Click Verihubs Flip

Testimonials

Dipercaya oleh ribuan pengguna yang telah meraih tujuan finansial mereka bersama kami

" Alhamdulillah, solusi pendanaan bagi umat "

Dian dan Riana - Owner Eskan Albait Tour & Travel - Jakarta

" Dengan bertambahnya lembaga keuangan konven...

Mita Roesdi - Pengurus BMT Mitra Inaya - Jakarta

" Semoga Allah Subhanahuwata'ala berkahi...

Salman Al Farisi - Owner Hijrah Karpet - Padang